Nov 12, 2010

Tentang Nokia N8

Nokia N8 (N8: 12 Megapixel-nya Nokia…) disebut-sebut memiliki sensor kamera terbesar di antara semua handphone kamera, bahkan lebih besar daripada kebanyakan kamera digital biasa.
Seberapa besar sebenarnya sensor kamera yang dimiliki oleh 12 megapixel-nya Nokia ini? Blog GSMArena pernah mencuba menghitung besaran tersebut dan diperoleh hasil 1/1.9″, yang jauh lebih besar daripada yang terbesar sebelumnya, yaitu 1/2.5″ pada Sony Ericsson Satio atau Samsung Pixon12.
Ternyata, hasil perhitungan di atas kurang tepat. Yang mengejutkan adalah bahwa ukuran sensornya ternyata jauh lebih besar, yaitu 1/1.83″. Nilai ini diperoleh dari wawancara ekslusif antara tim GSMArena dengan Damian Dinning,Senior Manager at Solutions Planning Nokia, yang memiliki peran besar dalam pengembangan kamera dan video dari produk sebelumnya seperti Nokia N95, Nokia N73, Nokia N82, dan Nokia N86 8MP.
Hasil wawancara antara GSMArena dengan Damian Dinning dapat dilihat pada link berikut:
Nokia N8 in focus: An interview with Damian Dinning.
Berikut petikan kesimpulan dari wawancara di atas:
  • Ukuran sensor kamera Nokia N8 adalah 1/1.83″, nilai ini lebih besar (dan lebih baik) daripada kebanyakan kamera digital biasa.
  • Kekuatan flash kira-kira sebanding dengan yang ada pada Nokia N82.
  • Menambahkan penutup lensa pada Nokia N8 akan membuat bagian kamera lebih tebal. Sebagai penggantinya maka ditambahkan suatu penutup dari bahan kaca anti gores. Sebuah ND filter dipakai sebagai pengganti sistem bukaan variabel. ND filter adalah filter tembus pandang yang dapat mengurangi intensitas cahaya tanpa menyebabkan perubahan warna. Dengan demikian adanya filter ND di depan lensa memungkinkan kamera untuk mengambil gambar dalam pencahayaan terang tanpa mengurangi aperture.
  • Encoding jenis H.264 digunakan untuk merekam video dan AAC untuk audio yang  stereo. Video untuk saat ini dikodekan pada sekitar 9 mbits/detik (mungkin berubah), stereo audio dikodekan pada 128 kbits /detik dengan sampel 48 kHz.
  • Video tidak memiliki autofocus berkesinambungan dan menggunakan sistem Active Hyper Focal Distance untuk memastikan fokusnya. Dengan cara ini kemampuan makro kamera video akan hilang tetapi membuktikan kehandalan fokus selama perekaman video.
  • Nokia N8 tidak akan mendukung mode perakaman video khusus seperti video kecepatan tinggi 120 fps video atau perakaman time-lapse.
  • Koneksi HDMI memungkinkan baik video maupun foto masih dapat dilihat sampai dengan resolusi 1280 x 720 dan mendukung 5,1 Dolby Surround sound

N8 mempunyai feature USB On-The-Go. Feature ini memungkinkan sebuah USB flash drive dibaca secara langsung oleh N8, atau bahkan perangkat lain yang memiliki sambungan USB boleh dibaca oleh N8. Kalau x faham tgk kat video ni jer. 
Berminat? Cari ja yang 2nd hand kat Mudah.my.. Murah dan saving.. hehe
-Basyeer Hulala-

0 comments:

Post a Comment

 

Followers

Cheddo Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by CroniXsouL Sponsored by CroniXsouL